Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Kegiatan Khitanan Masal Desa Ciwangi

Pada hari Sabtu (03/04/2021) telah dilaksanakan kegiatan Khitanan Masal yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Adhi Mukti Desa Ciwangi yang bersinergi dengan Pemerintahan Desa, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Ramah Hadi, Karang Taruna Tingkat Kabupaten dan pihak terkait lainnya yang mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang anak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan tanpa dipungut biaya apapun. Dalam pelaksanaanya kegiatan ini di hadiri oleh  Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Purwakarta, H. Tri Hartono,  yang sekaligus membuka dan memberikan sambutan dalam kegiatan ini. "Atas nama pemerintah Kabupaten Purwakarta, kami mengapresiasi dan  mengucapkan terima kasih kepada Karang Taruna Desa Ciwangi , dimana kegiatan ini sangat membantu sekali bagi masyarakat, karena dimasa pandemi covid-19 penghasilan warga berkurang, jadi kegiatan khitanan masal ini mampu meringankan beban warga yang ingin mengkhitankan anaknya", ujar H. Tri Hartono. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dari semua pihak penyelenggara terhadap masyarakat di lingkungan sekitar Desa Ciwangi.    

Perangkat Desa & Kader Kesehatan Desa Ciwangi di Vaksin

Sebagai upaya pencegahan Covid-19, sebanyak 2 Perangkat Desa Ciwangi, 10 Kader Posyandu dan 2 Tokoh Masyarakat Desa Ciwangi telah mengikuti kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan pleh UPTD Puskesmas Bungursasi. Acara itu diselenggarakan pada hari Kamis (25/03/2021) bertempat di SMAN 1 Bungursari. Acara tersebut diikuti oleh perwakila Perangkat Desa, Kader Kesehatan dan Tokoh agama/masyarakat se-Kecamatan bungursari. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan angka penularan Covid-19 semakin menurun dan untuk yang telah divaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Stik Istri Ciwangi, Stik Tahu dari Ciwangi

Pemerintah Desa Ciwangi dan Bumdes Karya Sejahtera  berkerja sama dengan pelaku UMKM Desa Ciwangi meluncurkan satu lagi Produk UMKM Unggulan Desa Ciwangi yang dinamakan Stik Tahu Istri Ciwangi, Stik Tahu Rasa Istimewa Ciwangi Produk ini masih ada kaitannya dengan produk sebelumnya, yaitu tahu crispy. Dimana tahu crispy diolah dari kulit tahu putih, sedangkan Stik Tahu Istri Ciwangi diolah dari isi tahu putih ditambahkan bumbu dan bahan lainnya menjadikan Stik Tahu yang  Renyah dan Gurih khas dari Desa Ciwangi. Stik Tahu ini dijual dengan harga ekonomis, dengan harga Rp 10.000 saja.

Rapat Penetapan Calon Penerima Manfaat (CPM) Program Rutilahu Desa Ciwangi

Pada hari Senin   (08/03/2021) bertempat di Aula Desa Ciwangi, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPM) Desa Ciwangi melaksanakan Rapat Penetapan Calon Penerima Manfaat  (CPM) Program Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) , dihadiri oleh Perangkat Desa, Bamusdes, Ketua RT /RW, Koordinator Program Rutilahu dari Distartim beserta para CPM nya. Program ini merupakan program dari Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang disalurkan melalui Distartim di tingkat Kabupaten, dan disampaikan oleh LPM di tingkat desa. Setelah melalui beberapa tahapan verifikasi, sebanyak 20 CPM ditetapkan menerima program ini. Nantinya para CPM ini akan diberikan stimulus sebesar Rp 17.500.000, untuk membeli bahan bangunan, upah tenaga kerja dan administrasi lainnya. Rencananya program ini akan direalisasikan pada awal bulan April untuk tahap 1 yaitu sebanyak 14 CPM, selanjutnya tahap 2 sebanyak 6 CPM pada bulan Agustus.  

Tahu Crispy Ciwangi, Produk UMKM Unggulan Desa Ciwangi

Pemerintah Desa Ciwangi dan Bumdes Karya Sejahtera  berkerja sama dengan pelaku UMKM Desa Ciwangi untuk mengembangkan Produk unggulan Desa. Dengan adanya program ini  diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta masyarakat  untuk mencintai produk lokal sesuai seruan dari Pemerintah dan membantu ekonomi para pelaku usaha umkm di lingkungan Desa Ciwangi. Jenis produk yang saat in sedang dikembangkan yaitu Tahu Crispy yang merupakan produk yang dibuat oleh para ibu pelaku usaha UMKM di Perum Griya Ciwangi memanfaatkan pabrik tahu yang berada di Desa Ciwangi.  Tahu Crispy dibuat dari kulit tahu putih yang diolah dengan berbagi macam bahan yang membuat rasanya menjadi khas dan gurih. Selain Tahu Crispy sedang dikembangkan pula Stik Tahu yang rasanya tidak kalah enak.